Archives

2012

Cover Page

Vol 22 (2012): Perempuan dan Hukum

Kesetaraan dan keadilan gender menuntut perubahan sistem dan struktur patriarki yang tercermin di pemerintahan, parlemen, dan penegak hukum. Berbicara tentang hukum, masih banyak orang yang menganggap bahwa hukum harus bersikap netral untuk memberikan keadilan dalam masyarakat. Akan tetapi, justru hal itu ditentang oleh kaum feminis.

2011

Cover Page

Vol 21 (2011): Ruang dan Hukum

Hukum selalu identik dengan keadilan. Sangat sulit membayangkan bahwa hukum memiliki tafsir yang berbeda dari itu. Dalam masyarakat yang plural seperti Indonesia, keadilan menjadi sesuatu yang problematis, karena akan memunculkan pertanyaan “keadilan yang mana” atau “keadilan menurut siapa”. Teori komunikasi Jurgen Habermas kemudian memberikan pandangan bahwa hukum yang legitimate adalah yang melalui diskursus atau perdebatan di ruang publik.

2010

Cover Page

Vol 20 (2010): Parlemen

Tema ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran hukum mengenai bangunan dasar dan relasinya dalam parlemen yang sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi. Selain itu, tema itu diharapkan dapat memberikan bekal kepada masyarakat untuk memantau kinerja parlemen. Parlemen yang baru terbentuk juga dapat menjadikan jurnal ini sebagai pegangan dalam menjalani masa jabatannya selama lima tahun ke depan. Semakin banyak orang yang paham mengenai parlemen diharapkan sistem politik di Indonesia juga menjadi semakin lebih baik.

2009

Cover Page

Vol 19 (2009): Advokat

Advokat, salah satu pilar penegak hukum, tengah mendapat sorotan luas, khususnya di Indonesia. Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) yang mengklaim dirinya sebagai organ tunggal profesi advokat diguncang legitimasi keberadaannya. Sejumlah advokat membuat organisasi tandingan bernama Kongres Advokat Indonesia (KAI). Ada banyak isu yang menjadi pemicu konflik antaradvokat ini.

2008

Cover Page

Vol 18 (2008): Lingkungan

Jurnal JENTERA edisi kali ini hendak mengupas masalah lingkungan, masalah terbesar yang dihadapi manusia di masa sekarang. Seperti menghadapi masalah sosial lain, hukum memang selalu hadir terlambat karena ia menawarkan solusi yang terkadang utopia. Di isu lingkungan ini, misalnya. UU tentang lingkungan pertama kali baru disahkan awal 1980an. Bandingkan dengan UU yang mempermudah eksploitasi sumberdaya alam yang telah hadir satu setengah dekade sebelumnya.
Cover Page

Vol 17 (2008): Membaca Daniel S Lev

Jurnal JENTERA edisi khusus ini berisi delapan artikel yang sebagian besar berisi pembacaan atas pemikiran seorang indonesianis, almarhum Daniel S Lev. Pak Dan—begitu kami menyebutnya—telah mewariskan pemikiran-pemikiran politik dan sejarah hukum yang cukup penting bagi Indonesia. Studinya tentang demokrasi parlementer pada 1950an menjadi karya klasik yang jadi rujukan utama sejarah periode itu

2007

Cover Page

Vol 16 (2007): Aturan Main Politik

Edisi ini menampilkan artikel partai politik lokal, pemilu, dan representasi. Ada juga artikel mengenai organisasi kemasyarakatan hingga pemikiran tentang asas legalitas di masa transisi.
Cover Page

Vol 15 (2007): Birokrasi

Memberikan analisis masalah birokrasi dalam kaitannya dengan desentralisasi, globalisasi, serta tawaran solusinya

2006

Cover Page

Vol 14 (2006): Peraturan Daerah

Berisi ragam analisis tentang peraturan daerah mulai dari perspektif yuridis, sosial, ekonomi-politk, sampai cost-benefit.
Cover Page

Vol 12 (2006): Komisi Negara

Menghadirkan tulisan tentang komisi negara independen dilihat dari perspektif kehadiran, ketatanegaraan, dan perbandingan-perbandingannya
Cover Page

Vol 11 (2006): Mahkamah Konstitusi

Baru berusia dua setengah tahun, Mahkamah Konstitusi berhasil mendapat apresiasi dari banyak orang. Keberadaannya kian diperkuat melalui sosialisasi yang begitu gencar sebagai upaya membangun kehidupan konstitusionalisme. Di sejumlah perguruan tinggi berdiri pusat-pusat kajian konstitusi dan masalah ketatanegaraan.

2005

Cover Page

Vol 10 (2005): Legislasi

Jentera kali ini menampilkan sebelas tulisan dengan topik utama ‘Legislasi’ yang sebagai bagian dari fungsi parlemen—selain fungsi pengawasan dan bujetting, ia layak untuk mendapatkan perhatian. Di sana sarat dengan pertarungan ideologi atau kepentingan ekonomi maupun politik. Semua sumberdaya dikerahkan partai politik atau pihak-pihak yang berkepentingan untuk dapat memenangkan pertarungan di aras legislasi ini, meski kita tahu legislasi sebenarnya tak sesempit ini.
Cover Page

Vol 9 (2005): Korupsi

Jentera edisi ini mencoba untuk menawarkan cara pandang yang relatif baru dalam melihat kejahatan korupsi. Dari soal defisit demokrasi di daerah, sampai keterlibatan swasta dalam korupsi, termasuk perspektif analisis korupsi di kawasan Asia.
Cover Page

Vol 8 (2005): Negara dan Kekuasaan

Mengetengahkan anatomi kekuasaan lembaga-lembaga negara, bagaimana hubungan di antara mereka, dengan rakyat, sekaligus bagaimana idealnya.

2004

Cover Page

Vol 7 (2004): Rule of Law

Berisi rangkaian konsep negara hukum yang dijelaskan secara detil dari peristiwa hukum (empiris), agenda pembaruan hukum, serta konsep-konsep besar tentang negara hukum.
Cover Page

Vol 6 (2004): Pembaruan Peradilan

Dinamika pembaruan peradilan utamanya pasca reformasi diulas melalui berbagai agenda pembaruan hukum
Cover Page

Vol 5 (2004): Hukum dan Kekerasan

Edisi ini mengupas akar kekerasan dan respons hukum terhadap peristiwa kekerasan di ranah publik.

2003

Cover Page

Vol 4 (2003): Pendidikan Hukum

Memuat dinamika pendidikan hukum di Indonesia, utamanya yang berkaitan dengan isu reformasi hukum.
Cover Page

Vol 3 (2003): Privatisasi

Jentera edisi privatisasi ini mengupas mengenai privatisasi BUMN hingga menyangkut ke persoalan ideologis seperti neo-liberalisme dan kebuasan swastanisasi, perekonomian liberal, dll.
Cover Page

Vol 2 (2003): Hukum dan Yayasan

Edisi Kedua Jentera membicarakan topik Hukum & Yayasan. Selain tentang dasar hukum, artikel yang berisi kontroversi kegiatan yayasan yang dikelola oleh satuan militer dan keluarga cendana bisa dibaca di sini.

2002

Cover Page

Vol 1 (2002): Bahasa dan Hukum

Mengupas tentang korelasi antara hukum dan bahasa dalam perspektif filsafat, semantik, hingga tataran praktis.

1 - 22 of 22 Items    


ISSN: 1412-6842